TUGAS MENULIS ESSAY TENTANG PENJUALAN
" STRATEGI PENJUALAN PONSEL SAMSUNG GALAXY DALAM PASAR INDONESIA"
DI SUSUN OLEH :
ALBINA DINI ASTUTY
3EA07 / 10211541
FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS GUNADARMA
2013 / 2014
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
PT Samsung Electronic Indonesia menyegarkan line up produk Galaxy Series. Selain mengungkap fitur-fitur android yang belum banyak dimanfaatkan oleh pengguna, Samsung juga memastikan strategi mereka tahun ini yang akan terus berfokus pada segmen android.
Hasilnya bisa dimanfaatkan untuk banyak hal. Yang paling umum adalah menampilkannya dalam bentuk tulisan, misalnya saat akan melakukan search di Google sehingga tidak repot mengetik. Kedua,voice recognition juga dapat digunakan sebagai sebuah komando untuk melakukan suatu pengerjaan. Nah, ini yang unik. Karena ternyata banyak sekali fungsi yang bisa dilakukan dengan komando suara ini.
Pemanfaatan lainnya adalah untuk melakukan navigasi peta atau mendeteksi lagu tertentu dan kemudian mencari judul lagu bahkan liriknya.
Aplikasi tersebut mampu mengidentifikasi benda, barcode, QR code, tulisan, bahkan memecahkan permainan Sudoku. Cara kerjanya cukup mudah. Tinggal jalankan aplikasi Google Goggles, cari objek yang ingin dipotret, lantas software Google akan menganalisis jepretan Anda dan menampilkan hasilnya.
Memang, hasil pencarian dari Google Goggles ini tidak bekerja untuk binatang, tanaman, makanan, mobil ,atau perabot. Namun, semakin lama hasil pencariannya semakin akurat. Dan, ke depannya apa yang Anda ingin tahu tak perlu diketik di Google Search, melainkan cukup memotretnya.
Meski saat ini jumlahnya di Indonesia masih kecil, pertumbuhannya dari bulan ke bulan terus meningkat. Pada Februari 2011 saja pertumbuhan ponsel android mencapai 8%. Samsung bersiap menyambut pasar android ini dengan keluarga Galaxy.
Posisi samsung di Indonesia cukup kokoh. Di pasar tablet misalnya, survei GFK menunjukkan bahwa Samsung Galaxy Tab memakan secara rakus 60% market share tablet. Samsung Galaxy Tab (SGT) sudah terjual lebih dari 10.000 unit. Jika 1 unitnya dipasarkan Rp 6 juta, maka pemasukan Samsung di Indonesia dari Galaxy Tab saja mencapai Rp 60 miliar.
.jpg)
strategi penjualan Samsung untuk memasarkan produk adalah dengan strategi yang didasarkan pada differensiasi produk, dan penentuan posisi pasar yang tepat dan terarah, membuka perusahaan anak di negara yang bersangkutan serta dengan menggunakan sole agent importer. Secara spesifik, strategi pemasaran bergantung kepada perusahaan anak di masing-masing negara. P.T Samsung Electronics Indonesia merupakan perusahaan anak di Indonesia.
Produk Samsung diimpor langsung dari Korea Selatan, dan kemudian disebarluaskan di Indonesia dengan strategi penentuan posisi pasar dan bauran pemasaran, yang didasarkan pada strategi differensiasi produk. Produk yang inovatif, harga yang seragam, dan sesuai dengan produk yang dipasarkan, saluran distribusi dengan dua agen besar, promosi dengan above the line dan bellow the line, serta pelayanan yang memuaskan, membuat produk Samsung diminati oleh banyak masyarakat Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya penjualan produk Samsung dari tahun ke tahun.
Link :
www.gunadarma.ac.id
Link :
www.gunadarma.ac.id
No comments:
Post a Comment