NAMA : ALBINA DINI ASTUTY
KELAS/NPM : 3EA07/10211541
JUDUL
"ANALISIS STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PRODUK ALGAE BEAUTY CARE PAD PT. KEMBANG HATI TAHUN 2013 CABANG GRAND DEPOK CITY"
OUTLINE
BAB 1. PENDAHULUAN
1. Pengertian Pemasaran
Dewasa ini banyak perusahaan saling
berlomba untuk mendapatkan konsumen agar membeli produk yang dihasilkan.
Perusahaan yang tidak mencapai sasarannya banyak disebabkan oleh kurang
tepatnya strategi pemasaran yang digunakannya.
Berhasil atau tidaknya perusahaan
sangat ditentukan bagaimana cara yang dikembangkan oleh perusahaan untuk dapat
saling bersaing dalam merebut konsumen dalam penerapan strategi pemasaran yang
efektif. Apabila strategi yang tidak dapat dilaksanakan dengan baik maka
pelaksanaan yang baikpun tidak memberikan hasil yang memuaskan seperti yang
kita harapkan.
Penentuan strategi ini sangat erat
hubungannya dengan tujuan yang telah ditentukan oleh perusahaan, serta sangat
menentukan dalam pemilihan taktik yang digunakan untuk melaksanakan strategi
pemasaran tersebut agar tujuan perusahaan tercapai.
Secara umum tujuan dari perusahaan
adalah untuk memperoleh laba yang maksimum sehingga perusahaan dapat terus
berkembang. Penerapan strategi pemasaran dalam perusahaan sangat berpengaruh
dalam kinerja perusahaan yang bersangkutan, sebab dalam penerapannya posisi
perusahaan dipasar potensial sangat dipengaruhi oleh berhasil atau tidaknya
strategi pemasaran yang digunakan. Hal ini juga merupakan sumber dana bagi
kelangsungan hidup perusahaan untuk terus berkembang baik dalam jangka pendek
maupun jangka panjang.
Bagaimana pengusaha memasarkan
barang atau jasa adalah suatu hal yang menarik bagi penulis, setiap usaha atau
langkah-langkah yang diambil oleh pengusaha untuk mencapai keuntungan yang
diharapkan. Untuk mengembangkan usaha memerlukan adanya startegi-strategi dalam
pemasaran dan tetunya hal ini harus direncanakan dengan cermat dan teliti agar
dapat mencapai tujuan dan sasaran perusahaan.
Berdasarkan uraian diatas penulis
tertarik membuat penelitian ilmiah ini dengan judul “ANALISIS STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PRODUK ALGAE BEAUTY CARE PADA PT. KEMBANG HATI TAHUN 2013 CABANG GRAND DEPOK CITY
2. Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian pada latar belakang
masalah di atas, maka dapat di identifikasikan beberapa masalah yaitu :
1.
Strategi
pemasaran apa sajakah yang diterapkan dalam meningkatkan penjualan terhadap produk Algae Beauty Care pada PT. Kembang Hati.
2. Apakah
penerapan strategi pemasaran dapat meningkatkan penjualan terhadap produk Algae Beauty Care pada PT. Kembang Hati.
3. Batasan Masalah
Dalam penulisan ilmiah, penulis
membatasi pada bagaimana penerapan strategi pemasaran yang digunakan pada PT
Kembang Hati dalam usaha meningkatkan penjualan produk algae beauty Care. Adapun data yang
digunakan yaitu data hasil penjualan PT. Kembang Hati pada tahun 2012 sampai dengan tahun 2013.
4. Tujuan
Penelitian
1.
Untuk
mengetahui strategi apa saja yang diterapkan agar dapat meningkatkan penjualan terhadap produk Algae Beauty Care pada PT. Kembang Hati.
2.
Untuk
mengetahui apakah strategi pemasaran yang diterapkan dapat meningkatkan
penjualan terhadap produk Algae Beauty Care pada PT. Kembang Hati.
5. Manfaat
Penelitian
Manfaat
yang diharapkan penulis dalam penulisan ilmiah ini adalah :
1.
Manfaat
Akademis
a.
Dapat
membantu penulis memperdalam materi yang telah di ajarkan selama masa
perkuliahan, serta menerapkan teori yang ada ke dalam dunia nyata (dunia
usaha).
b.
Dapat
dijadikan acuan bagi penulis lain apabila ingin melakukan penelitian sejenis.
2.
Manfaat
Praktis
Dari penulisan ilmiah ini dapat dijadikan bahan
masukan yang bermanfaat bagi perusahaan untuk mengetahui strategi-strategi apa
yang masih perlu diterapkan guna meningkatkan penjualan sehingga dapat sesuai
dengan yang diharapkan.
6. Objek Penelitian
Objek
penelitian yang di ambil penulis adalah kantor cabang PT Kembang Hati yang
berlokasi di Rukan Grand Depok City,
Depok - Jawa Barat, Indonesia.
7. Data atau Variabel yang digunakan
Data yang digunakan penulis adalah
data kuantitatif yaitu data penjualan produk Algae Beauty Care PT Kembang Hati tahun 2012 – 2013 dengan menggunakan analisis SWOT.
8. Metode
Pengumpulan Data
Dalam melaksanakan penelitian
penyusunan melakukan teknik-teknik pengumpulan data berupa:
1.
Studi
kepustakaan
Pengumpulan data dan pencarian informasi dilakukakan
dengan menelaah buku yang terdapat di perpustakaan dan sumber-sumber lain yang
berkaitan dengan penelitian ini.
2.
Penelitian
lapangan (Field Research)
Penelitian lapangan adalah penelitian yang dilakukan
langsung terhadap objek penelitian dengan mengadakan wawancara dan observasi
langsung terhadap objek penelitian yang ada hubungannya dengan penelitian ini.
9. Alat
analisis yang digunakan
Alat analisis yang digunakan oleh
penulis dalam mengolah data yang sudah terkumpul, dengan menggunakan analisis
SWOT.
Alat
analisis SWOT merupakan suatu alat analisa yang digunakan untuk melihat kondisi
lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Dari faktor internal Perusahaan
dapat diketahui faktor-faktor yang menjadi kekuatan dan kelemahan perusahaan,
sedangkan faktor eksternal kita dapat mengetahui faktor-faktor yang menjadi
peluang dan ancaman perusahaan.
Dalam
analisis kondisi internal dan eksternal dilakukan melalui pendekatan
fungsional, yaitu pendekatan dengan melihat faktor-faktor yang dominan pada
setiap funsi yang mempengaruhi kegiatan pemasaran.
BAB II KAJIAN TEORI
1. Pengertian Pemasaran
Di dalam dunia perekonomian yang
modern, khususnya perusahaan yang memproduksi barang dan jasa maupun perusahaan
perdagangan, masalah utama yang sering dihadapi adalah usaha untuk
menyalurkan atau memasarkan barang dan jasa yang diperdagangkan atau dihasilkan
itu kepada pihak-pihak pembeli atau konsumen yang membutuhkan. Untuk dapat
berhasilnya penyaluran atau pemasaran barang dan jasa tersebut diperlukan suatu
ilmu atau cara yang terbaik dan itulah yang kita sebut dengan pemasaran atau
marketing.
Namun istilah marketing yang berasal
dari kata market (pasar), tidaklah sederhana pengertiannya. Marketing tidak
hanya meliputi dunia pasar saja tetapi lebih dari itu. Marketing membahas
segala soal yang hidup dalam masyarakat perusahaan. Untuk sebagian besar
marketing meliputi organisasi pasar dalam arti seluas-luasnya bukan hanya
mengenai produk barang-barang jasa tetapi juga mengenai produk jasa.
Berikut ini penulis memberikan
definisi yang dikemukakan oleh para ahli pemasaran, maksudnya agar dapat
diberikan pengertian yang jelas dari arti pemasaran itu.
Drs. Basu Swasta D. H. MBA
(1992: 72) secara sederhana memberikan definisinya sebagai berikut: “Marketing
adalah suatu kegiatan yang menggerakkan aliran barang dan jasa dari pihak
produsen ke pihak konsumen atau pemakai.
”Menurut William J. Stanton (1994:
34), “Marketing adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis
yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan
mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik pada pembeli
yang ada maupun kepada pembeli potensial.”
Menurut Philip Kotler (1996: 98), “Marketing adalah penganalisaan, perencanaan,
pelaksanaan dan pengawasan program-program yang ditujukan untuk meng-adakan
pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud mencapai tujuan organisasi.”
Dari definisi tersebut di atas
dapatlah diambil kesimpulan bahwa Marketing merupakan pencapaian tujuan organisasi
dan tujuan perusahaan serta kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan proses
penyampaian barang dan jasa mulai dari produksi sampai kepada pemakai akhir
(konsumen).
Dengan demikian kegiatan pemasaran
itu merupakan barang atau jasa yang dihasilkan yang dapat disalurkan kepada
pihak-pihak pembeli sehingga tidak akan terjadi penumpukan yang berarti
sia-sianya usaha tersebut.
2. Tujuan sistem pemasaran :
Secara umum, tujuan sistem pemasaran adalah sebagai berikut :
Ø Memaksimumkan konsumsi
Ø Memaksimumkan utilitas (kepuasan) konsumsi
Ø Memaksimumkan pilihan
Ø Memaksimumkan mutu hidup
Kualitas, kuantitas, ketersediaan, harga, lingkungan
3. Efisiensi Pemasaran :
Yang dimaksud dengan efisiensi pemasaran adalah seberapa besar pengorbanan yang harus dikeluarkan dalam kegiatan pemasaran menunjang hasil yang bisa didapatkan dari kegiatan pemasaran tersebut. Efisiensi pemasaran dapat dicari dengan menghitung rasio “keluaran-masukan” dalam kegiatan pemasaran yang dilakukan. Semakin tinggi nilai rasio keluaran-masukan, maka pemasaran yang dilakukan semakin efisien.Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk pemasaran : Dari sudut pandang penjual :
- Tempat yang strategis (place),
- Produk yang bermutu (product),
- Harga yang kompetitif (price), dan
- Promosi yang gencar (promotion).
Dari sudut pandang konsumen :
- Kebutuhan dan keinginan konsumen (customer needs and wants),
- Biaya konsumen (cost to the customer),
- Kenyamanan (convenience), dan
BAB III METODELOGI PENELITIAN
1. Objek Penelitian
Objek penelitian yang diambil penulis adalah di kantor cabang PT. Kembang Hati di Rukan Grand Depok City, Depok - Jawa Barat, Indonesia.
2. Data/Variabel yang digunakan
Data yang digunakan penulis terdiri dari:
1. Data hasil penjualan teh botol pada
tahun 2012-2013
2. Data biaya promosi teh botol PT
Sinar Sosro tahun 2012-2013
3. Observasi
Observasi adalah pengambilan data secara langsung
untuk melengkapi data yang dibutuhkan terhadap objek penelitian.
2.3.2 4. Wawancara
Wawancara merupakan percakapan antara dua orang atau
lebih dan berlangsung antara yang mewawancarai dan yang diwawancarai. Wawancara
yang dalam istilah lain dikenal dengan interview merupakan suatu metode
pengumpulan berita, data, atau fakta di lapangan. Prosesnya bisa dilakukan
dengan bertatap muka langsung (face to face) dengan narasumber maupun secara
tidak langsung seperti melalui telepon, internet atau surat (wawancara
tertulis). Tujuan utama wawancara yaitu memperoleh informasi yang lebih
mendetail mengenai pribadi interviewee maupun hal yang diketahuinya
No comments:
Post a Comment